Fungsi Operasional dalam Manajemen
1) Manajemen Sumber Daya Manusia2) Manajemen Pemasaran
3) Manajemen Operasi/Produksi
4) Manajemen Keuangan
5) Manajemen Informasi
Manajemen Sumber Daya Manusia adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana sumber daya manusia yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah.
Manajemen Pemasaran adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
Manajemen Produksi adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi.
Manajemen Keuangan adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit. Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan.
Manajemen Informasi adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat
BENTUK KEGIATAN MANAJEMEN
• PERENCANAAN STRATEGIS
Pada dasarnya perencanaan strategis meliputi hal-hal sbb :
- Proses evaluasi lingkungan luar organisasi
- Penetapan tujuan
- Penentuan Strategi
• PENGENDALIAN MANAJEMEN/ PERENCANAAN TAKTIS
Merupakan tingkatan taktis yaitu bagaimana MTM menjalankan Taktik supaya perencanaan strategis dapat dilakukan dengan berhasil
• PENGENDALIAN OPERASI / PERENCANAAN TEKNIS
Proses penerapan program yang telah ditetapkan di Pengendalian Manajemen & difokuskan pada tugas-tugas manajemen tingkat bawah
TIPE KEPUTUSAN MANAJEMEN
• KEPUTUSAN TIDAK TERSTRUKTUR
Sifat keputusan ini adalah tidak terjadi berulang-ulang & tidak selalu terjadi. Keputusan ini dilakukan oleh MTA. Informasi untuk pengambilan keputusan ini tidak mudah tersedia untuk didapat & biasanya berasal dari lingkungan luar.
• KEPUTUSAN SEMI TERSTRUKTUR
Keputusan yang masih membutuhkan pertimbangan-2 dari sipengambil keputusan. Keputusan ini bersifat rumit & membutuhkan pertimbangan serta analisis yang terinci.
• KEPUTUSAN TERSTRUKTUR
Keputusan yang terjadi berulang-ulang dan RUTIN, sehingga dapat diprogram. Keputusan ini terjadi di MTB.
TIPE INFORMASI MANAJEMEN
• Untuk mendukung proses pengambilan keputusan dibutuhkan INFORMASI yang berkualitas.
• Untuk manajemen tingkat bawah, tipe informasinya adalah TERINCI, karena digunakan untuk Pengendalian Operasi
• Sedangkan untuk manajemen yang lebih tinggi tingkatannya, tipe informasinya adalah TERFILTER atau lebih ringkas
• Keputusan yang dilakukan oleh manager tingkat atas adalah RUTIN & TIDAK BERULANG-ULANG.