Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
a) Manajemen –> Proses
kegiatan pencapaian tujuan bersama melalui kerjasama antar manusia.
b) Organisasi –> Alat
bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerjasama.
c) Tata kerja –> Pola
cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga
tujuan tercapai secara efisien.
Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa
baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya
tujuan.
D.
Arti Penting Organisasi dan Metode.
Organisasi adalah sekumpulan orang atau badan yang mempunyai
tujuan yang sama. Pandangan umum organisasi dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
a. Sebagai wadah –> tempat dimana kegiatan manajemen dijalankan.
b. Sebagai proses –> memperhatikan interaksi/kerja sama antar orang-orang yang menjadi anggota organisasi tersebut :
a. Sebagai wadah –> tempat dimana kegiatan manajemen dijalankan.
b. Sebagai proses –> memperhatikan interaksi/kerja sama antar orang-orang yang menjadi anggota organisasi tersebut :
- Hub. Formal = hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh top manajemen.
- Hub. Informal = mempunyai 3 peranan, yaitu :
- Sarana komunikasi.
- Mengatur jalannya kerja sama.
- Kebebasan bertindak oleh anggota organisasi tersebut.
c. Sebagai sistem –>
dibagi menjadi 3, yaitu:
1. Sistem sosial (antar sesama manusia)
2. Sistem fungsional (antar fungsi-fungsi yang dikaitkan
secara tertentu dan integral untuk tercapainya suatu tujuan.
3. Sistem komunikasi (sistem tata saluran/arus informasi dalam
organisasi)