Analisis Biaya Telekomunikasi di Indonesia

Senin, 24 November 2014
Teknologi selalu mengalami perkembangan yang semakin canggih dari tahun ke tahun. Perkembangan ini menciptakan adanya tren yang ikut berubah pada telekomunikasi global tren yang ada tidak hanya bderkaitan ddengan pengadopsian infrastruktur telekomunikasi terbaru tetapi juga berkaitan dengan gaya pemakaian perangkatnya di masyarakat. Dari hal tersebut dapat diliahat bahwa apabila sautu perusahaan oprator seluler dapat memprediksi tren industry telekomunikasi, maka artinya perusahaan itu bias melihat gambaran peluang bisnis yang ada pada pasar dimasa depan. Prediksi tren ini berguna sebagai alat bantu perusahaan untuk mengatur strategi pemasaran dalam beberapa waktu kedepan sehingga akan selangkah lebih maju dari pesaing-pesaingnya.



Grafik pengguna layanan telekomunikasi di Indonesia

Peningkatan jumlah penetrasi kartu SIM ini berdampak pada Indonesia yang mengalami peningkatan jumlah penggunaan mobile phone, smart phone, dan pengguna internet. Grafik Custom research menunjukan bahwa jumlah penggunaan mobile phone meningkat sebesar 10,2% hingga tahun 2015. Untuk jumlah pengguna smart phone meningkat lebih dari 177% hingga tahun 2010-2011. Sedangkan untuk penggunaan internet mencapai hingga 77 juta orang pada tahun 2013.  Selain itu , Frost and Sullivan Indonesia memprediksi penetrasi kartu SIM di masyarakat akan meningkat terus hingga tahun 2015 seperti pada gambar di bawah.

  

Jumlah penetrasi kartu SIM yang terus meningkat pada masyarakat membuat Indonesia berpotensi menjadi Negara digital. Potensi ini menunjukan bahwa Indonesia merupakan lading subur investasi pada sector telekomunikasi.

Copyright @ 2013 Yudith's Blog. Designed by Templateism | MyBloggerLab